Wednesday, January 26, 2011

Kumpulan Widget Blog

Setelah sekian lama browsing diinternet, akhirnya saya berhasil mengumpulkan beberapa widget yang umumnya digunakan. Ada beberapa widget yang dianggap tidak berguna oleh sebagian orang tetapi malah dianggap menarik oleh orang lain. Akhirnya, saya berkesimpulan untuk meletakkan semua yang saya ketahui dari perjalanan panjang menyusuri dunia maya. Widget atau aksesoris blog biasanya berasal dari ‘pihak ketiga’. Mengapa dikatakan pihak ketiga? Saya juga tidak tahu.

Sebaiknya basa basi tidak berguna ini diakhiri saja. Langsung meluncur ke TKP

Ipod
Dizaman sekarang ipod bukanlah hal yang baru lagi. Ipod ini memiliki fungsi yang sama dengan Ipod didunia nyata yaitu untuk mendengarkan musik. Selain fungsi yang sama bentuknya juga sama persis. Sayangnya lagu yang diberikan tidak dapat dipilih dan lebih buruknya lagi lagunya sebagian besar dari luar negeri yang kurang dikenal oleh masyarakat luas. Saya tidak mengatakan lagu luar negeri itu buruk, hanya saja…ya gitulah. Untuk mengobati kekecewaan user maka http://musik-life.net menyediakan fasilitas baru. Disini anda dapat memilih jenis lagu yang berbeda beda yang Jumlah nya tidak tanggung banyaknya. Sayangnya satu lagu untuk satu kode HTML/JavaScript dan tidak berbentuk ipod lagi. Jika kalian tertarik silahkan browsing kesitusnya. Anda tidak perlu mendaftar. Klik saja gambar Ipod atau langsung pilih jenis lagu untuk mendapatkan kodenya.

MP3
Tidak seperti Ipod, yang satu ini lebih sederhana dan terfokus pada satu lagu saja. Untungnya untuk mendapatkan kodenya anda tidak perlu mendaftar jadi tidak usah pusing. Caranya?
1. Login ke alamat http://divine-music.info/
2. Pilih jenis music yang kamu sukai lalu pilih nama artisnya.
3. Segera Copy Code HTMLnya dan paste di Elemen halaman Blog kamu.


Peta Kampung
Fungsi pihak ketiga ini tidak terlalu penting. Kecuali untuk anda yang rindu pada kampung halaman dapat menggunakannya. Tampilannya sangat menarik, cukuplah untuk menarik visitor agar betah. Untuk mendapatkan kodenya anda diwajibkan mendaftar terlebih dahulu. Untuk mendaftar ikuti instruksi berikut:
1. Browsing ke http://feedmap.net
2. Click “Explore Blog”.
3. Pilih Negara anda (dalam hal ini adalah INDONESIA) dengan cara mencarinya dipeta
4. Setelah ketemu perbesar dengan cara meng-click 2 kali pada target wilayah.
5. Click kanan pada profinsi yang diinginkan lalu pilih “ add blog”
6. Isikan alamat blog anda lalu Click “Submit”
7. Copy code HTML nya dan paste di blog anda

Statistic and tracker
Penting bagi seorang blogger untuk memantau semua pengunjung yang masuk dan dari mana mereka masuk. Karena merasa widget ini penting, jadi sudah banyak jasa yang bermunculan kepermukaan, meskipun yang cukup terkenal hanya 2 saja. http://sitemeter.com adalah salah satunya. Laporan akan dikirim tiap minggunya langsung kealamat email anda. kelebihannya adalah karena anda dapat mengetahui asal muasal pengunjung sebelum terjebak di Blog anda. Untuk mendaftar ikuti instruksi berikut:
1. Browsing ke http://sitemeter.com
2. Isikan semua data yang diminta pada kotak yang tersedia.
3. Dihalaman “Manage”(dibawah link “adding site meter to your site”), click “introduction”. Lalu pilih server blog anda (cth: blogger.com)
4. Copy Code HTML nya dan paste di Elemen halaman>Gadget baru>HTML&java script.
Nb: aksesoris ini berfungsi untuk mengetahui jumlah pengunjung yang datang.

Sitemeter sudah cukup terkenal ditelinga para blogger professional. Sayangnya untuk login kembali di Situsnya cukup sulit jika anda tidak menghafal kode yang diberikan secara acak. Saya sendiri terkadang lupa kodenya.
Yang kedua adalah geovisite yang beralamat di http://www.geovisite.com. Kelebihannya dibandingkan dengan sitemeter terletak pada banyaknya model yang dapat anda pilih. Selain itu data/laporan jumlah pengunjung tidak dikirim ke email anda. anda dapat melihat traffic pengunjung jika mengunjungi langsung blog anda…cukup simple sih. Tidak hanya itu, asal/negara visitor pun dapat anda ketahui.

Games
Jika anda tidak memiliki posting untuk dipublikasikan anda dapat menggunakan yang satu ini. anda bahkan dapat memainkannya secara online bersama teman anda. tetapi itu sih tergantung dari jenis/type game yang kalian pilih. Hebatnya lagi karena anda tidak perlu mendaftar. Cukup dengan masuk ke alamat situsnya di http://www.gamesgames.com/game-for-your-site/. Kemudian klik tombol Get It. Segera kopi kode HTML/JavaScript-nya. Jangan memasang kodenya di bagian sidebar karena bentuknya yang terlalu besar. Hal itu dapat menyebabkan blog anda melorot. Untuk menerbitkannya lakukan cara berikut. Masuk ke menu Posting>new Post> klik bagian HTML edit. Kopi kodenya dibagian editor lalu publikasikan. Biasanya ada pesan yang mengatakan kalau terjadi kesalahan pada penulisan kode. Tetapi cuekin aja. Klik pada bagian “berhenti menunjukkan kesalahan judul atau body HTML untuk posting ini”. lalu terbitkan kembali.

Shoutmix
Buku tamu ini memiliki fungsi yang sama dengan buku tamu yang terdapat di resepsi pernikahan, yaitu untuk mengetahui tangggapan mereka dan kadang diselewengkan oleh blogger sebagai sarana blog walking. Cara pendaftarannya tidaklah terlalu sulit. Ikuti saja instruksi berikut..
1. Masuk ke URL , http://shoutmix.com
2. Isikan data-data yang diminta pada kotak yang tersedia.
3. Di halaman konformasi, click tulisan “go to my control panel now”.
4. Dibawah “quick start”, click tulisan “Get Codes >>Place Shoutbox on My web Page”.
5. Copy code HTML yang ada. Masuk ke menu Templates>Elemen halaman>Gadget baru>HTML&java script, lalu paste disitu.

Kamus Online
Berbeda dengan google translator, yang satu ini lebih sederhana. Kelebihan lainnya karena tidak diperlukan proses pendaftaran sama sekali
1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah masuk ke alamat URL nya (http://www.kamus.net)
2. Segera Copy Code HTML nya dan paste di blog anda.

Jam Dinding
Pasang jam didinding sudah biasa, tetapi jika pasang jam dinding di blog? Itulah uniknya. Dengan widget ini anda dapat memantau waktu. Mendaftar?
1. Browsing ke http://clicklink.com
2. Segera Copy Code HTML ytang anda dapatkan lalu paste di blog anda.
Hanya itu…

Capek …kita akhiri saja? Oh iya, yang punya info tentang widget yang lain sharing kesini ya. Melalui kotak komentar juga sudah cukup.

4 comments:

  1. hebat artikelnya brow...mantab bener. panduan wordpress ada gak brow ?
    blogku lagi di revisi nih.
    kalo berita rasanya kurang cocok di peluang usaha.
    jadi ta pindah di
    http://bbcindonesia.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. inda juga aku ajch masih baru pemula masi banyak hal yang harus di revisi,,, kalu saran saya , qm buat blog lebih dari satu ,contohnya blog yang satu serba berita trus yang lainya qm buat untuk bisnis qm dan setrusnya..namanya pemula sementara kita mencari orang supaya mengunjungi blog kita dan memberi komentar di blog kita.....untuk smentara hanya itu dulu saran saya....

    ReplyDelete
  3. sekali lagi terimah kasih banyak kamu udah comment di blog aku

    ReplyDelete

Silahkan anda komentar degan baik dan bijak