Thursday, February 10, 2011

Tips Memilih Air Minum Kemasan yang Baik

Jika sudah tertera SNI, maka kualitasnya telah teruji.
 
Jum'at, 26 November 2010, 12:21 WIB
 
Maryadie
VIVAnews - Beberapa waktu lalu muncul isu produk air minum dalam kemasan (AMDK) terkontaminasi bakteri. Sejumlah merek terkenal AMDK pun ditenggarai produknya tidak higienis.

Lalu bagaimana memilih air minum kemasan yang baik? Menurut Kepala Seksi Pengujian Balai Besar Industri Agro (BBIA), Mulhaqudin, ada beberapa faktor yang harus diperhartikan para konsumen sebelum mengkonsumsi air minum kemasan.

"Yang pertama, tentu saja apakah AMDK itu sudah tertera standar SNI di kemasannya? Jika sudah, berarti air tersebut sudah memenuhi standar untuk dikonsumsi" ujar Mulhaqudin kepada VIVAnews.com.

Jika AMDK sudah tertera SNI, maka kualitasnya telah teruji dengan menggunakan laboratorium yang terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), sesuai dengan aturan AMDK dan Standar Nasional

Pengujian ini untuk mencegah AMDK memiliki bakteri di atas ambang batas. "Karena jika suatu AMDK memiliki bakteri di ambang atas batas terkonsumsi dapat menyebabkan gangguan kesehatan, antara lain masalah pencernaan seperti diare dan muntaber" ujar Mulhaqudin.

Selain label SNI, konsumen juga perlu memperhatikan waktu kedaluwarsa. "Karena jika sudah lewat, tentu kondisinya kurang baik lagi untuk dikonsumsi" ujar Mulhaqudin.

Dan yang terakhir dan tidak kalah penting, konsumen perlu memperhatikan cara penjajaan yang dilakukan penjual. "Harus dilihat apakah sudah memenuhi aturan-aturannya, misalnya tidak boleh terkena sinar matahari langsung dan lainnya" ujarnya.

Menurutnya, terkadang banyak AMDK yang sebenarnya sudah memenuhi persyaratan saat diproduksi tetapi ternyata saat proses penjajaan dan penjualan, kualitasnya telah rusak dan tidak layak untuk dikonsumsi.
• VIVAnews

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar degan baik dan bijak