Tuesday, March 29, 2011

10 Tips Memasak Sehat Minim Garam

Inilah cara memasak yang sehat hanya dengan sedikit garam.

JUM'AT, 12 FEBRUARI 2010, 07:34 WIB
Irina Damayanti, Lutfi Dwi Puji Astuti






VIVAnews - Hati-hati jika Anda sering makan di restoran cepat saji. Sebab, banyak asupan garam yang digunakan dalam setiap masakannya yang bisa menyebabkan Anda mudah diserang hipertensi.
Cara terbaik untuk mengatasi kelebihan garam adalah meminimalkan penggunaan garam. The Dietary Guidelines for American merekomendasikan kita untuk mengonsumsi "kurang dari 2.300 mg (sekitar 1 sendok teh garam) natrium per hari." Untuk Afrika-Amerika, orang tua atau orang dengan hipertensi disarankan untuk mengonsumsi tidak lebih dari 1.500 mg natrium per hari.

Untuk mencegah penggunaan garam secara berlebihan, ada baiknya Anda mengonsumsi makanan yang dimasak dari rumah. Karena dengan memasak sendiri, Anda bisa mengendalikan penggunaan garam dalam makanan. Ikuti tips memasak dengan sedikit garam berikut ini:

    1. Gunakan bahan dasar yang segar: Salah satu alasan mengapa beberapa produsen makanan komersial menggunakan begitu banyak garam adalah karena mereka tidak memiliki bahan dasar dengan kualitas yang baik. Jika Anda menggunakan bahan dasar yang segar tidak perlu banyak bumbu untuk membuat rasanya tetap nikmat.

    2. Tambahkan bumbu: Basil, daun bawang, peterseli, atau rempah-rempah, oregano, sage, mint, pengharum masakan dari bahan alami, jahe, dan tarragon bisa menjadi pilihan. Memang terlalu banyak jenis bumbu masak, tetapi bumbu yang berasal dari tumbuhan segar adalah yang terbaik. Beberapa herbal kering juga baik dan semua menambah rasa, warna dan kesehatan.

    3. Coba bumbu: Seperti lada hitam, paprika, kunyit, jinten dan kayu manis. Temukan bumbu sesuai dengan rasa favorit dan pilih bumbu yang berkualitas tinggi, segar dengan aroma rempah-rempah yang menyenangkan. Karena rempah-rempah menambah rasa, warna dan kesehatan.

    4. Gunakan tetesan cuka: Beberapa tetes keasaman, dalam bentuk cuka atau jus lemon, kadang bisa membuat keajaiban untuk menonjolkan rasa dan getaran di mulut Anda.

    5. Gunakan cabai: Hot paprika, cabai bubuk dan saus panas dapat menyedapkan rasa masakan.

    6. Nikmati bawang putih:Tambahkan bawang putih segar dalam masakan panggang atau tumis. Bawang putih sangat baik untuk tubuh sekaligus menyehatkan.

    7. Jus : Coba tambahkan jus buah atau sayuran untuk rasa yang kompleks. Jus sayur-sayuran bisa digunakan sebagai saus. Tetesan jeruk lemon juga bisa memperkaya rasa.

    8. Buat saus salad sendiri : Salad sangat mudah dibuat.Proporsi dasar yang baik adalah dengan 2/3 sendok makan minyak zaitun, 1/3 cuka atau asam buah, sedikit madu dan beberapa bumbu. Salad yang dibuat di rumah bisa terasa lebih enak, lebih murah dan hanya mengandung sedikit garam.

    9. Hidangan yang mengandung keju dan bahan dasar asin, seperti caper atau miso, biasanya memiliki lebih dari cukup garam. Sehingga tak perlu membubuhi garam lagi pada masakan Anda.

    10. Jika Anda sudah terbiasa memakan makanan asin, pasti sulit untuk menghindari garam. Tapi coba lakukan trik, mengurangi garam perlahan-lahan.  Penelitian menunjukkan bahwa reseptor rasa kita akan membiasakan rasa asin melalui pemaparan yang berulang.
• VIVAnews

1 comment:

  1. Good Post.latest Jobs in Asia,Europe,
    Africa & Gulf at http://toppakjobs.blogspot.com

    ReplyDelete

Silahkan anda komentar degan baik dan bijak