Sunday, March 13, 2011

Program Tidak Mau Start atau Berjalan Dengan Baik


Jika tiba tiba salah satu program Anda tidak dapat di buka atau berjalan dengan baik, hal ini bisa di sebabkan karena bentrok dengan software lain. Atau untuk alasan tertentu yang tidak di ketahui, program tertentu tidak dapat tinggal dengan “nyaman” di dalam computer yang sama. Pada kasus ini, ada beberapa perbaikan yang bisa di Anda coba yakni :



1.    Download Versi terbaru
Beberapa perusahaan software meluncurkan versi terbaru dengan fitur baru untuk menyelesaikan masalah yang di temukan pada versi sebelumnya. Untuk itu Anda perlu meng update program tersebut dengan cara berikut :
1.    Anda dapat membuka masalah program dengan sukses, cari Option dengan nama seperti Check for Updates. Biasanya dapat di temukan pada menu Drop Down yang berada pada bagian atas program tersebut.
2.    Jika menemukan Option ini, Anda harus terhubung ke internet sehingga program tersebut dapat meng update dirinya sendiri.
3.    Jika tidak dapat meng update program ini, atau update tidak dapat menyelesaikan masalah, periksa pada website pabrikan dari software tersebut untuk men download versi barunya. Jika software yang Anda punyai adalah software berlisensi, Anda bisa men download versi barunya secara gratis di website software tersebut.
2.    Download Patch
Banyak perusahaan menawarkan patch ( tambalan ) kecil yang dapat di  download dari website untuk untuk memperbaiki atau melengkapi software mereka.
Untuk menempatkan dan men download  patch ini , ikuti langkah berikut ini :
·      Hubungkan computer Anda ke internet, kemudian kunjungi website dari pabrikan program tersebut.
·      Pada bagian atas dari halaman utama website tersebut, cari link dengan nama seperti Support atau Customer Service.
·      Setelah Anda mengklik link ini, maka lihat bagian dengan label Updates Download.
·      Klik link updates atau download, kemudian ikuti instruksi yang di tampilkan.
3.    Menonaktifkan Software Antivirus atau Antispyware Sementara
Walaupun software anti virus dan antispyware sangat penting untuk melindungi dan mengamankan computer Anda, tapi kadang kadang dapat bertentangan dengan aksi dari program lainnya. Jika dengan cara meng update atau men download patch tidak dapat menyelesaikan maslah, Anda dapat mencoba dengan cara menonaktifkan atau mematikan software antivirus atau antispyware dengan cara berikut :
·      Putuskan koneksi jika computer Anda terhubung internet. Jika menggunakan Dial Up, Anda harus log off dari layanan internet. Namun, jika menggunakan DSL atau kabel jaringan, Anda akan melibatkan fitur lock dari software firewall. Oleh karena itu, Anda harus melepaskan kabel Ethernet dari colokan kartu jaringan di bagian belakang computer.
·      Klik kanan ikon program antivirus atau spyware, yang terdapat pada sudut kanan bawah ( notifications area )  Dari  Windows Anda dekat dengan jam computer.
·      Pilih Option untuk Close atau Disable, dapat juga dengan Shut Down.
·      Restart program Anda yang bermasalah. Jika sudah berjalan dengan baik pastikan program antivirus dan antispyware tetap off, sampai Anda selesai menggunakan computer secara normal seperti Anda selesai menggunakan program yang bermasalah tersebut.
·      Ketika Anda sudah siap untuk kembali menggunakan computer secara normal sperti menggunakan email atau berselancar internet, maka aktifkan kembali software antivirus, yaitu dengan cara klik kanan ikon yang dekat pada jam Windows dan memilih Enable atau Restore.
Jika ikon antivirus tidak ada disana, secara manual jalankan kembali program antivirus tersebut dengan cara berikut :
·         Klik tombol [Start] > [All Programs]
·         Pilih menggunakan yang berisi dengan nama software antivirus. Sebagai contoh Anda menggunakan Norton Antivirus, pilih folder dengan label Norton Antivirus .
·         Klik dua kali pada program tersebut untuk di jalankan

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar degan baik dan bijak