Tuesday, March 22, 2011

TANDA TANDA BAYI SAKIT


Orang tua yang baru punya anak terkadang masih belum memahami kondisi seperti apa yang menunjukkan si kecil sakit. Untuk itu ketahui 7 tanda bahwa bayi sakit. Saat bayi masih berusia di bawah usia 6 bulan, maka tubuhnya rentan terkena berbagai penyakit, tanda tanda bahwa bayi sedang sakit yaitu :

 A.   DEMAM
Bayi di katakan demam jika suhunya lebih dari 38 derajat celcius. Jika demam di ikuti dengan ruam, sulit bernapas, leher kaku, muntah atau diare, maka segera hubungi dokter.
Demam sendiri bukankah suatu penyakit, melainkan respon bayi terhadap suatu penyakit terutama akibat infeksi.

B.   DEHIDRASI
Dehidrasi bias terjadi jika bayi memiliki nafsu makan yang buruk, demam, lingkungan yang terlalu hangat atau muntah dan diare terus menerus. Kondisi ini bias dikenali dengan cara mulut dan gusi kering, popok yang jarang basah serta tidak ada air mata ketika menangis.

C.   DIARE
Orang tua perlu menghubungi dokter jika terdapat darah di dalam tinja atau tinja berwarna hitam, lebih dari enam kali susah buang air besar dan berair serta susah untuk minum.

D.  MUNTAH
Bayi mungkin sering mengalami gumoh setelah menyusui, jika hanya terjadi satu atau dua kali saja kemungkinan hal berikut bukanlah kondisi serius tapi jika kondisi tersebut terjadi dalam frekuensi yang sering maka harus menjadi perhatian.


E.   SULIT BERNAPAS
Bayi yang memiliki kesulitan bernapas di tandai dengan gejala napas yang lebih cepat dari biasanya, bayi mendengus saat menghembuskan napas, kepala bayi terayun ayun dan bibir bayi dan kulitnya terlihat kebiruan. Kondisi ini sebaiknya mendapatkan perhatian serius dan segera hubungi dokter.

F.   RUAM
Jika ruam mencakup area yang luas, terutama jika terjadi wajah, disertai demam, pendarahan atau bengkak, maka ada kemungkinan ruam disebabkan oleh infeksi.

G.   PILEK
Infeksi saluran pernapasan atas disebabkan oleh virus dan sangat umum terjadi pada bayi, biasanya bias berlangsung selama satu atau dua minggu. Jika disertai dengan demam dan nafsu makan yang buruk selama beberapa hari, maka penyembuhan bisa lebih lama dan membutuhkan bantuan dokter.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar degan baik dan bijak