Thursday, April 28, 2011

Daftar 'Sahabat' dan 'Musuh' Kulit

Pilih makanan terbaik untuk kulit demi tampil cantik tanpa perlu make up.
Pipiet Tri Noorastuti, Febry Abbdinnah

Kesehatan kulit adalah salah satu sumber kecantikan. Kulit yang sehat dan bersinar mampu memancarkan kecantikan tanpa perlu make up. Kesehatan kulit tidak hanya berasal dari perawatan luar, tetapi juga dari asupan gizi. 


Berikut makanan beberapa makanan yang baik dan yang buruk untuk kesehatan kulit.

1. YogurtSalah satu olahan susu ini sangat baik untuk kulit karena mengandung vitamin A yang sangat penting bagi bagi kesehatan kulit. Pilihlah low fat yogurt tanpa bahan pemanis seperti gula. Dengan mengonsumsi yogurt
secar rutin, Anda akan mendapatkan asupan protein dan vitamin yang cukup untuk menjaga daya tahan tubuh dan kulit yang bersih dan bercahaya.

2. GaramMakanan yang mengandung banyak garam tidak baik untuk kulit karena garam akan menyebabkan jaringan membengkak dan dapat membuat wajah tampak bengkak dan tidak sehat. Garam beryodium dalam dosis yang tinggi sangat buruk bagi kulit karena terbukti dapat memperburuk jerawat. Pastikan selalu memeriksa makanan Anda dari natrium sebelum mengonsumsinya. Selain itu cuci bersih semua sayuran kaleng, daging, dan kacang sebelum diolah untuk mengurangi kadar natrium.

3. BlueberriesBuah berwarna ungu ini kaya akan antioksidan, dan termasuk dalam daftar makanan dengan antioksidan paling tinggi. Dengan mengonsumsi blueberries, Anda akan mendapatkan perubahan yang signifikan pada kulit Anda. Buah ini adalah amunisi ampuh dalam melawan radikal bebas karena polusi dan radiasi UV yang menyerang kulit dan merusak DNA, serta mampu melawan penuaan dini.

4. PermenPermen sarat dengan gula. Konsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan keriput dan kulit kusam. Hal ini dikarenakan gula dapat merusak kolagen dan elastin kulit Anda. Elastin adalah serat yang sangat penting dalam menjaga kekuatan dan kemudaan kulit. Jika serat ini rusak dan kering, maka akan menyebabkan keriput dan membuat kulit kendur.

5. BayamSayuran berwarna hijau tua ini memiliki beta karoten yaitu anti oksidan tinggi yang membantu kulit melakukan peremajaan sel dan memperlambat sel kanker. Makanan ini sangat membantu membuat kulit cerah bersinar dan meremajakannya. Selain itu, bayam kaya akan lutein, serat kalium, dan folat, yang juga membantu perbaikan DNA untuk mengembalikan sel-sel kulit yang rusak oleh sinar matahari, dan membantu menjaga kulit dari kanker.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar degan baik dan bijak