Friday, May 18, 2012

Empat Cara Buat Olahan Barbeque Sehat


Anda berencana membuat pesta barbeque di rumah untuk menghabiskan liburan panjang akhir pekan? Keseruan mengolah dan kenikmatan rasa sajian barbeque memang bisa menghangatkan suasana.

Namun ada hal lain yang harus diperhatikan, yaitu aspek kesehatan. Hal ini mengingat, olahan barbeque mengandung banyak zat karsinogen yang bisa meracuni tubuh. Untuk itu, lakukan empat trik ini untuk mengurangi zat berbahaya pada sajian barbeque.

1. Bersihkan
 
Selalu bersihkan sisa-sisa pembakaran berwarna hitam yang menempel di panggangan sebelum menggunakannya. Anda bisa menggunakan sikat gigi atau sikat lain. Hal ini agar bekas bakaran yang lama tak menempel di makanan yang akan dibakar.

2. Singkirkan lemak

Sebelum memanggang daging steak, sebaiknya singkirkan kelebihan lemak, sisakan sedikit saja. Itu karena, asap yang disebabkan tetesan lemak ke panggangan panas berubah jadi bahan kimia berbahaya lain yang disebutheterocyclic amines (HCAs).

3. Bumbu alami
Sebelum dipanggang, lumuri dulu daging atau hidangan laut dengan bumbu alami. Anda bisa menggunakan cuka apel atau perasan jeruk lemon untuk menghilangkan aroma amis. Lalu taburi bawang putih, lada dan bumbu alami lain. Selain membuat rasanya lebih nikmat, bisa mengurangi kadar zat karsinogen.

4. Jangan sampai terlalu matang 
Pastikan saat memanggang, Anda membaliknya dengan pas. Perhatikan juga nyala apinya, jangan sampai ada bagian yang sangat hitam atau gosong. Jika memang ada bagian yang sangat hitam karena terpanggang terlalu lama, sebaiknya jangan dikonsumsi.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar degan baik dan bijak