Wednesday, February 23, 2011

Penyebab Orang Kena Reumatik


REUMATIK  membutuhkan perhatian serius, karena jika tidak di tangani dengan baik bisa menyebabkan cacat sendi permanen. Ada beberapa factor yang bisa membuat orang kena Reumatik selain factor autoimun.




blogger-emoticon.blogspot.com

Pengobatan yang kuat bisa membantu mencegah kerusakan sendi dan gejala yang menyakitkan, tapi  sebenarnya ada hal hal lain yang dapat mempengaruhi resiko serta gejala dari reumatik.



Beberapa factor penting untuk di ingat karena bisa menjadi pemicu munculnya reumatik :


blogger-emoticon.blogspot.com

·         Merokok
Susan Godman, MD seorang rheumatologist dari Hospital for Special Surgery di New York City menuturkan rokok bisa bisa membuat reumatik bertambah buruk dan juga meningkatkan resiko seseorang terkena reumatik. Studi menujukkan orang dengan reumatik yang tidak merokok memilki lebih sedikit bengkak dan sendi  yang sakit di banding perokok. Selain itu perokok memilki dua kali kemungkinan mengalami kerusakan sendi.


blogger-emoticon.blogspot.com

·         Kopi
Meskipun hubungan antara kopi dan reumatik masih di perdebatkan, tapi studi menunjuk kan kopi tanpa kafein  bisa meningkatkan resiko terkena reumatik sedangkan kopi berkafein tidak memiliki dampak. Selain itu kopi mungkin bisa membuat obat reumatik seperti Methotrexate tidak bekerja dengan baik.


blogger-emoticon.blogspot.com

·         Cuaca
Perubahan tekanan udara dan suhu bisa memiliki dampak yang besar terhadap gejala reumatik. Dr.Goodman menuturkan perubahan iklim cenderung bisa memperburuk gejala-gejala dari reumatik, karena itu pasien biasanya lebih mengharapkan cuaca atau iklim yang konsisten


blogger-emoticon.blogspot.com
·         Alcohol
Dalam studi terbaru di jurnal Rheumatology, peneliti meminta sekitar 1.000 orang yang memiliki kebiasaan konsumsi alcohol dan kondisi reumatik. Peneliti menemukan orang yang mengonsumsi alcohol 3-4 hari dalam seminggu lebih memungkinkan untuk memiliki reumatik.


blogger-emoticon.blogspot.com
·         Kurang Vitamin D
Hubungan antara vitamin D dan reumatik  tergolong rumit. Namun studi menunjukkan perempuan yang jarang terkena sinar matahari beresiko lebih besar terkena reumatik. Hal ini mungkin karena kekurangan sinar matahari bisa menyebabkan kekurangan vitamin D yang telah di kaitkan dengan autoimun lainnya.


Semoga ber mamfaat buat anda semua..


Salam ( greeting ) Blogger


blogger-emoticon.blogspot.com

1 comment:

Silahkan anda komentar degan baik dan bijak