Wednesday, February 16, 2011

Sejarah Virus


Perkembangan virus tidak lepas dari perkembangan computer di dunia. Program pertama di dunia yang di anggap virus adalah program bernama “ELK CLONER”. Program ini merupakan virus computer pertama yang banyak menginfeksi computer di dunia .
Program “ELK CLONER” di buat pada tahun 1982 oleh programmer bernama Richard Skrenta. Virus ini menyerang computer dengan  system operasi Apple Dos 3.3 dan di sebarkan dengan media floppy disk.

Program “ELK CLONER” adalah virus yang diikutkan bersama dengan game. Ketika disk yang program game dan virus itu tersebut di gunakan ke-50 kali,virus Elk Cloner akan mulai aktif dan menampilkan teks berikut di layar yang kosong.



It will get on all your disk.
It will infiltrate your chips.
Yes it’s Cloner!
It will stick to you like glue.
It will modify RAM too.
Send in the Cloner!



Adapun virus computer pertama untuk computer PC yang di kenal adalah BRAIN  yang di buat oleh dua bersaudara berkebangsaan Pakistan bernama Basit dan Amjaad Farooq Alvi di kota Lahor, Pakistan.



virus brain yang di lihat di software deassembler

Sebelum menjamurnya jaringan computer, virus kebanyakan menyebar melalui media removable terutama disket,karena disket saat itu merupakan satu satunya media pertukaran data di awal –awal perkembangan PC.
Sebagian virus menginfeksi program yang disimpan dalam disket. Dengan demikian, Virus akan tereksekusi seandainya pengguna computer membooting computer dari disket.
Sejak pertengahan 1990-an, virus makro mulai bermunculan. Nama Macro berasal dari bahasa yang digunakan untuk membuat virus, yakni bahasa Macro yang merupakan fasilitas dari dari aplikasi Microsoft Office, seperti Word dan Excel. Virus ini menyebar di computer yang menggunakan aplikasi Microsoft Office.
Karena program Microsoft Office juga ada di Mac Os, maka virus-virus Makro turut tersebar pula di computer dengan system operasi Mac Os.


contoh makro di template microsoft office

Virus ini juga bisa mengirimkan link sebuah alamat URL  web tertentu ke daftar kontak di computer yang sedang terinfeksi, alamat URL tersebut sebenarnya virus yang di hosting pada server di internet. Apabila pihak pengirim merasa mengenal pihak pengirim, maka tentu saja pihak yang di kirim akan mengklik dengan yakin tanpa mengetahui sedikitpun bahwa jika link tersebut di tekan akan menyebabkan computer juga terinfeksi virus.

Virus-virus varian baru juga bisa menyerang melalui web. Teknik ini sudah terkenal sejak tahun 2005. Salah satu teknik yang di pakai virus dan menyebar melalui web adalah XXS { cross-site scripting }. Situs-situs terkenal seperti My Space, Yahoo, dan Hotmail bahkan pernah terinfeksi Oleh virus ini.

5 comments:

  1. Ane jg mampir nich..bro.!, blog U jg menarik...

    ReplyDelete
  2. makasih sobat mudah-mudahan kita saling kontak terus dan bekerja sama serta bertukar pikiran

    ReplyDelete
  3. Mampir Balik sob ...
    Blognya keren and menarik sob .. :D

    ReplyDelete
  4. nice blog bro...
    jadi tau neh asal usul virus hehehehe
    tetep share ya bro..suwun

    ReplyDelete
  5. terimakasih sobat semua mudahan kita terus bekerjasama ,agar kita bisa jadi lebih baik

    ReplyDelete

Silahkan anda komentar degan baik dan bijak