Wednesday, March 16, 2011

Cara Seru Tetap Semangat Berburu Pekerjaan



Oleh Metro TV News | Metro TV – Sen, 14 Mar 2011 15.11 WIB



BERBURU pekerjaan bisa menjadi suatu proses yang sangat melelahkan dan menguras emosi. Apalagi, jika dalam jangka waktu panjang Anda belum juga berhasil mendapatkan pekerjaan idaman.

Rasa kecewa karena terlalu lama menjadi pengangguran, bisa membuat seseorang merasa frustrasi.


''Ada banyak emosi yang muncul dengan menganggur dalam jangka panjang. Perasaan tidak mampu, marah, takut, rasa malu. Sebut saja. Dan ketika emosi-emosi ini menguasai seorang pencari kerja, mereka dapat nyaris lumpuh, atau benar-benar lumpuh,'' ujar Jenni Foss, pemilik Ladder Recruiting Group, seperti dikutip situs msn.careerbuilder.com.

Untuk mengelola emosi-emosi tersebut, ujar Foss, sadarilah bahwa metode Anda dalam berburu pekerjaan tidak berhasil. Sebaliknya, jalankan strategi atau rencana baru.

Caroline Dowd-Higgins, direktur pengembangan karier dan profesional di Indiana University Maurer School of Law dan penulis buku 'This is Not the Career I Ordered,' menyarankan orang untuk menguasai teknik keterampilan ketahanan. Dengan demikian, perusahaan perekrut akan dapat melihat bahwa Anda mampu menangani stres dan perubahan.

Nah, berikut ini adalah sejumlah strategi yang ditawarkan kedua pakar tersebut, untuk mempertahankan semangat dalam berburu pekerjaan:

1. Anggap proses perburuan pekerjaan ini sebagai sebuah pekerjaan penuh waktu.
2. Ambil nafas. Tenangkan diri sebelum Anda mencari rencana baru, kata Foss.
3. Kenali kekuatan. Kembangkan sebuah kisah istimewa agar Anda dapat menjelaskan mengapa diri Anda menjadi nilai tambah bagi perusahaan tersebut, saran Dowd-Higgins.
4. Fokus pada kompetensi Anda, bukan hanya pada judul pekerjaan.
5. Tingkatkan kemampuan wawancara dan bercerita Anda. Sebuah wawancara yang baik, kata Dowd-Higgins, bukan hanya terletak pada jawaban.
6. Eksplorasi teknik sosial media seperti Facebook, Twitter, LinkedIn, atau pun blog pribadi.
7. Bikin strategi dan rencana dalam berburu pekerjaan. Tetapkan jadwal setiap harinya, saran Foss.
8. Berhenti menyalahkan diri sendiri, misalnya menganggap diri Anda terlalu tua atau kurang memenuhi syarat untuk mendapatkan pekerjaan. Lebih baik, kata Foss, cari tahu apa yang salah lalu temukan strategi untuk memperbaikinya. (MI/ICH)


Sumber  : http://id.berita.yahoo.com

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar degan baik dan bijak