Thursday, March 3, 2011

Mengapa Hipertensi Dapat terjadi Akibat Kelebihan Garam ?




Banyak orang yang tahu bahwa makan makanan yang asin atau banyak mengandung garam dapat menyebabkan tekanan darah naik  dan memicu hipertensi. Tahukah Anda mengapa kelebihan garam bisa memicu hipertensi?.


Natrium dalam garam (NaC1) sebenarnya ber mamfaat untuk menjaga regulasi volume dan tekanan darah, menjaga kontraksi otot, sebagai transmisi sel saraf, serta membantu keseimbangan air, asam , basa dalam tubuh.

Namun berdasarkan panduan Umum Gizi Seimbang 2003  konsumsi garam tidak boleh lebih dari 6 gram ( 1 sendok teh ) dalam satu hari atau sama dengan 2300 mg natrium.

Menurut Ferdy Susanto dari Nutrifood Research Center, Program Development and Scientific Support, menjelaskan bahwa “Garam sangat erat dengan hipertensi “ Setengah sendok teh garam saja bisa menaikkan tekanan sistolik naik sebesar 5 poin dan tekanan distolik naik 3 poin, ini berdasarkan penelitian.

Ferdy menjelaskan kandungan garam yang tinggi dalam tubuh dapat mengganggu kerja ginjal. Garam harus di keluarkan dari tubuh oleh ginjal, tetapi karena natrium sifatnya mengikat banyak air, maka makin tinggi garam makin tinggi pula volume darah . Volume darah semakin tinggi sedangkan lebar pembuluh darah tidak berubah, maka alirannya jadi deras, yang artinya tekanan darah menjadi semakin meningkat. Hal Ini akan meningkatkan resiko hipertensi.

Sebenarnya tidak hanya garam, factor hipertensi juga di pengaruhi beberapa hal, yaitu usia, riwayat keluarga penderita hipertensi, berat badan berlebih, gaya hidup yang kurang aktif, merokok, stres dan minum alcohol.
Tapi dengan mengurangi konsumsi garam dapat mengurangi resiko hipertensi . hipertensi hanyalah awal karena akan terjadi penyakit serius lain nya , antara lain jantung, stroke, gagal ginjal, dan penyakit mata.

Berikut ada beberapa cara untuk mengurangi konsumsi garam :

1.       Konsumsi lebih banyak makanan yang segar dan me ngurangi produk makanan olahan.
2.       Batasi penggunaan garam pada makanan anda dengan cara menggantinya dengan rempah rempah tertentu    yang dapat memperkaya rasa atau gunakan bumbu pengganti garam
3.       Pilih makanan yang rendah garam
4.       Perbanyak konsumsi buah dan sayur
5.       Bila Anda harus makan produk olahan, anda harus cerdas dalam membaca label.


No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar degan baik dan bijak