Sunday, March 13, 2011

Rumput Laut di akan di jadikan Obat Malaria


Rumput Laut telah digunakan selama berabad abad untuk mengatasi bisul,luka dan meningkatkan kekebalan. Kini ilmuwan menemukan bahan kimia dalam tanaman tersebut yang memiliki sifat sebagai anti malaria pada manusia. Malaria adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit dari Plasmodium Falciparum yang disebarkan oleh nyamuk. Parasit tersebut kini sudah kebal dengan (resisten) terhadap obat anti malaria yang banyak digunakan saat ini termasuk pada obat Aratemisinin.

Jika hasil temuan temuan ini benar benar bisa digunakan, maka tanaman rumput laut akan dikembangkan sebagai salah satu obat anti malaria yang dapat digunakan pada manusia.
Para peneliti dari Georgia Institute of Technology menuturkan bahwa kelas dari senyawa yang terkandung dalam rumput laut yang disebut bromophycolides, bisa digunakan atau berpotensi sebagai obat anti malaria .
Menurut Dokter Julia Kubanek  “Molekul molekul ini memberikan petunjuk yang mengarah pada pengobatan malaria, dan mereka bekerja melalui suatu mekanisme yang menarik untuk kita pelajari” .

Bahan kimia ini telah diujikan terhadap malaria dalam skala laboratorium. Langkah berikutnya peneliti akan melakukan pengujian terhadap hewan percobaan tikus yang diberi penyakit malaria. Para peneliti telah mengungkapkan studi ini dalam American  Association for the Advance of Science di Washington DC.
Menurut Dokter Julia Kubanek “Rumput laut memang tidak memiliki respon imun seperti yang dilakukan manusia. Tapi Rumput laut memiliki beberapa senyawa kimia di dalam  jaringannya yang berfungsi untuk melindungi mereka, karenanya ia akan menghambat masuknya mikroba yang dapat menyerang dan menyebabkan penyakit “ .

Rumput laut adalah spesies gangang dan di konsumsi oleh banyak orang di seluruh dunia seperti untuk sup atau sushi. Dalam pengobatan herbal rumput laut biasa digunakan untuk mengobati arthritis, pilek, flu dan masalah cacing.

1 comment:

  1. nice info gan...!! semangat terus....
    aku malah kena malarindu..hehehehe

    ReplyDelete

Silahkan anda komentar degan baik dan bijak