Saturday, April 2, 2011

Ramuan Brotowali Untuk Menyembuhkan Diabetes Melitus

Brotowali ( Tinospora Crispa L Miers ) tanaman yang tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia karena rasa pahitnya yang khas, Brotowali merupakan salah satu dari sekian banyak tanaman Indonesia yang berkhasiat obat.


Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, penggunaan tanaman obat pun menjadi semakin berkembang, termasuk pemamfaatan Brotowali dalam dunia pengobatan. Pada awal abad ke 20, diketahui bahwa ekstrak Brotowali terutama bagian batangnya mengandung suatu senyawakimia yang berkhasiat menurunkan gula darah. Sejak saat itulah Brotowali banyak dicari untuk dimamfaatkan dalam pengobatan Diabetes mellitus.

Sebelum aku menjelasakan ramuan Brotowali untuk mengobati penyakit Diabetes mellitus, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu Diabetes mellitus?.

Diabetes mellitus yang dikenal dengan penyakit gula atau kencing manis adalah suatu keadaan yang timbul karena defisiensi Insulin atau keadaan Hyperglikemia ( kadar gula darah tinggi ) yang kronik disertai berbagai kelainan metabolic akibat gangguan hormonal. Gejala diabetes mellitus dapat muncul biasanya tanpa disadari. Pasien penderita penyakit ini sering merasakan haus, banyak buang air kecil, mudah merasa lapar, badan terasa lemas, berat badan menurun, timbul rasa gatal, kesemutan, mata kabur, dan kulit kering.




Berikut ada beberapa ramuan yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit Diabetes mellitus :
Ramuan 1
·         Bahan             : sepertiga jari batang brotowali, 1/3 genggam herba    sambiloto, dan 1/3  genggam daun kumis kucing.
·         Cara pembuatan        : semua bahan di cuci sampai bersih, batang Brotowali di potong potong seperlunya. Selanjutnya direbus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 2 gelas. Setelah cukup dingin kemudian disaring
·         Dosis                           : diminum 2 kali sehari, setengah jam sebelum makan pagi dan sore hari masing masing 1 gelas.
Ramuan 2
·         Bahan                   :delapan sentimeter ( seukuran jari telunjuk ) brotowali, 15 gram daun sendok, daun kumis kucing secukupnya, 1 sendok teh pulosari.
·         Cara pembuatan  : semua bahan direbus dengan 3 gelas air sehingga tersisa 2 gelas. Setelah cukup dingin lalu disaring.
·         Dosis                           : diminum 1 gelas sehabis makan
Anda juga dapat memakai kapsul brotowali plus yan memiliki indikasi membantu menstabilkan kadar gula darah dan produksi insulin , melindungi tubuh dari radikal bebas dan melancarkan metabolism tubuh.

Dengan dosis pengobatan diminum 2 kali sehari masing masing 1 kapsul setiap pagi dan sore hari.
Dosis pencegahan diminum 1 kali sehari 1 kapsul.


Catatan :
Wadah yang digunakan untuk merebus tanaman obat sebaiknya terbuat dari keramik, pot tanah liat atau panic email , hindari penggunaan panci yang terbuat dari besi 

Konsumen tanaman obat Brotowali yang merasa mengalami kesulitan saat meminum air ramuan Brotowali ini, baik karena rasanya yang pahit maupun karena baunya atau hal lainnya, bisa mengatasinya dengan cara mengoleskan jahe kepermukaan lidah. Setelah itu baru meminum air ramuan brotowali. Hal lain yang pelu diperhatikan dalam mengonsumsi brotowali adalah menghindari pemakaian berlebihan atau over dosis, karena zat pahit yang disebut pikroretin dalam jumlah yang berlebihan dapat meningkatkan cairan empedu, sehingga bisa menyebabkan selera makan berkurang.

Demikian artikel hari hari ini semoga bermamfaat buat anda, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan.





1 comment:

  1. Daun insulin (daun yakon) juga bantu untuk turunkan kadar gula darah.

    Klik http://berkhasiat.web.id/jualan/diabetes-herbal-kapsul-yakon-plus untuk jelasnya...

    Atau langsung 0813-80-262524 (Ryan) SMS/WhatsApp/Telegram/Line



    ReplyDelete

Silahkan anda komentar degan baik dan bijak