Saturday, April 2, 2011

Sejarah Sistem Operasi Linux



Kisah ini di mulai ketika seseorang mahasiswa Computer Science ( Ilmu  Komputer ) Universitas Helsinki yang bernama Linus Torvalds, yang ingin mengambangkan Sistem Operasi Minix awal dari Linux pada 
tahun 1991.



System operasi minix diedarkan kepada mahasiswa di Universitasnya sebagai prototype sebuah system operasi. Dalam perkembangannya dia menyebarkan kode programnya melalui internet, sehingga dapat di pelajari oleh orang lain. Hal ini yang menyebabkan unix menjadi linux yang berkembang pesat karena di buat oleh ribuan pemrogram dan hacker yang tersebar di seluruh di dunia.

Linux pertama kali di kembangkan untuk berjalan pada computer berbasis intel 386/486, tetapi kemudian di kembangkan juga pada mesin mesin lain. Hingga saat ini linux dapat berjalan pada mesin mesin seperti DEC, Alpha, SUN Sparcs, M68000, MIPS serta PowerPC.

Saat ini linux di distribusikan di bawah General Public License GNU yaitu suatu license dimana pemilk program tetap memegang hak ciptanya, tetapi orang lain dapat menyebarkan ,memodifikasi bahkan menjual kembali program tersebut dengan syarat program asli harus tetap di sertakan . hal ini sering juga disebut system Open Source.

Oleh karena hal tersebut , sekarang banyak sekali perusahaan maupun perseorangan yang mengeluarkan CD Linux , seperti Redhat , Debiah, Slackware, Caldera, Stampede, Turbolinux dan lain lain.

Demikian artikel ini aku tulis buat anda semoga bermamfaat , lebih dan kurangnya mohon di maafkan.






No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar degan baik dan bijak