Saturday, July 23, 2011

Pria Menikah Lebih Bisa Sembuh dari Jantung


Perhatian dan kepedulian dari pasangan menjadi kuncinya.

Mutia Nugraheni
 Ada banyak keuntungan bagi pria yang menikah, salah satunya adalah dalam hal kesehatan. Menurut penelitian, pria yang menikah atau memiliki hubungan asmara yang stabil, lebih bisa bertahan hidup dari serangan jantung. 

Hal tersebut jika dibandingkan dengan pria yang lajang atau menduda. Peneliti meyakini hal ini karena mereka didampingi pasangan atau istri yang sangat memperhatikannya. Yaitu dengan membawa mereka lebih cepat ke rumah sakit sehingga penanganan medis tidak terlambat.

Seperti dilansir dari YourTango, penelitian yang dipublikasi 18 Juli lalu dalam Canadian Medical Association Journal ini menganalis 4.403 serangan jantung di Ontario. Usia pasien rata-rata  67 tahun.

Pada kelompok pasien yang menikah, 75 persen langsung menemui dokter setelah enam jam merasakan sakit di dada yang merupakan tanda awal serangan jantung. Presentase tersebut adalah yang paling tinggi dibandingkan pria lajang, duda cerai atau pun duda karena istrinya sudah meninggal.

"Pada pasien yang mengalami nyeri dada dan menikah, waktu mereka menemui dokter lebih cepat sekitar setengah jam. Hal ini berdampak luar biasa karena pertolongan medis memang harus cepat dilakukan demi mengurangi risiko kematian," kata dr. Clare Atzema, dari Institute for Clinical Evaluative Sciences di Toronto. 

2 comments:

Silahkan anda komentar degan baik dan bijak