Saturday, July 23, 2011

Sayuran Lezat Pelindung Jantung


Efeknya mirip dengan obat penurun tekanan darah dan pencegah serangan jantung serta stroke

Mutia Nugraheni, Lutfi Dwi Puji Astuti
Rumput Laut (doc. Corbis)
Banyak cara untuk melindungi kesehatan jantung Anda. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan sehat seperti sayuran.

Ada sayuran yang memiliki rasa lezat, dan dari penelitian diketahui memiliki khasiat menyehatkan jantung serta membantu menurunkan tekanan darah, yaitu rumput laut. Sayuran ini juga bisa diolah menjadi berbagai masakan. 

“Ini bisa menjadi alternatif sayuran yang mengundang selera. Mengonsumsi rumput laut saat makan malam dapat membantu mencegah serangan jantung,” kata peneliti seperti dikutip dari Daily Mail. 

Para peneliti telah menemukan bahwa dalam rumput laut ditemukan bahan yang berkhasiat sebagai penurun tekanan darah. Fungsinya mirip dengan obat yang biasa diresepkan para dokter.

Menurut sebuah studi, rumput laut mengandung senyawa protein tinggi yang dikenal dengan nama peptida bioaktif. Senyawa ini juga ditemukan dalam susu. Efeknya mirip dengan obat ACE inhibitor, yang sering diresepkan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah serangan jantung dan stroke.

Kandungan kalori dalam rumput sangat rendah. Bahkan beberapa ilmuwan mengklaim khasiatnya mampu membantu menurunkan berat badan dengan mencegah penyerapan lemak

Penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal American Chemical Society's Journal of Agricultural and Food Chemistry ini, juga melihat adanya bukti khasiat rumput laut dari 100 penelitian lainnya. Hal ini dilakukan
sebagai upaya untuk memanfaatkan senyawa bioaktif dan mengetahui potensi rumput laut sebagai produk makanan sehat.

"Spesies alga dari berbagai lingkungan perairan serta kemudahan budidaya, bisa membuat alga menjadi sumber pangan, dan belum terlalu dimanfaatkan sebagai senyawa bioaktif baru,” kata Dr. Maria Hayes, dari Teagasc Food Research Centre di Dublin, Jerman

Varietas rumput laut yang paling populer adalah wakame dan sering digunakan dalam sup miso. Ada juga  kombu dan nori yang bisa dengan mudah didapatkan di supermarket. Anda bisa mengolahnya menjadi makanan lezat untuk dijadikan menu sehari-hari demi menjaga jantung agar tetap sehat.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar degan baik dan bijak