Monday, November 28, 2011

Makin Langsing dengan Rumput Laut


Rumput laut yang gurih ini, bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

Mutia Nugraheni
 Rasa lezat hidangan laut, memang bisa memanjakan lidah Anda. Kandungan gizinya yang tinggi juga selalu bisa diandalkan untuk memenuhi asupan nutrisi bagi tubuh. Jika Anda termasuk pecinta hidangan laut, jangan hanya mengonsumsi ikan, udang atau cumi-cumi.

Penuhi juga kebutuhan protein, dengan mengonsumsi rumput laut. Lalu, bagi Anda yang sedang diet, makanan hijau nan gurih ini, bisa membantu untuk menurunkan berat badan. Ketahui tiga alasan lain, mengapa Anda harus mengonsumsi rumput laut.

1. Mineral dan vitamin
Rumput laut kaya akan vitamin dan mineral. Rasanya yang gurih, membuat Anda bisa mengolahnya dengan bahan makanan lain dan tak perlu menambahkan garam. Seperti onigiri, sushi atau sup miso.

"Rumput laut jadi sumber vitamin A, C, E, K dan B. Termasuk mineral seperti iodin, selenium dan kalsium," kata Michelle Berman, ahli nutrisi, dikutip dari Self. 

2. Berprotein tinggi

Tidak kalah dengan ikan, kandungan asam amino pada rumput laut juga sangat tinggi. Zat ini akan jadi dasar pembentukan protein. Jika Anda bosan dengan daging, ikan, atau telur, konsumsi saja rumput laut untuk memenuhi kebutuhan protein

3. Mengontrol nafsu makan
Rumput laut bisa jadi sahabat bagi Anda yang sedang berdiet. Itu karena kandungan lemaknya sangat rendah dan seratnya cukup tinggi. Serat ini juga bisa mengontrol kadar gula dalam darah dan menjaga kestabilan pencernaan.

Beberapa penelitian juga menunjukkan rumput laut bisa menghalangi penyerapan lemak. Termasuk, mengurangi risiko kanker payudara, karena memiliki zat antikarsinogen.

"Serat bisa membantu Anda lebih cepat kenyang sehingga mengonsumsi lebih sedikit kalori," kata Berman.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar degan baik dan bijak