Wednesday, March 2, 2011

Penyebab Kesemutan Saat Olahraga



Bila Anda mengalami kesemutan saat berolahraga, Itu bukan hal yang normal. Penyebab kesemutan saat olahraga bisa sederhana atau lebih serius.

 Apa saja penyebabnya ?

Mati rasa dan kesemutan sensasi abnormal dapat terjadi di bagian tubuh manapun, tetapi paling sering kali di rasakan di tangan, kaki, kaki,lengan, atau kaki.
Kondisi ini paling sering terjadi saat orang sdang duduk, bersila atau berdiri untuk waktu lama, sehingga darah tidak mencapai kaki atau tangan.Tapi kesemutan juga bisa terjadi meski anda sedang bergerak aktif seperti saat olahraga .
Berikut beberapa penyebab kesemutan saat olahraga  :

1.      Kurang oksigen
Oksigen sangat penting untuk menghancurkan gula dan lemak untuk energy. Oksigen harus mencapai  jalan menuju sel sel tubuh untuk memilki energy berkelanjutan.
Setelah paru paru memberikan oksigen ke jantung, darah dan arteri memindahkan darah beroksigen ke otot otot kontraktor. Organ anda memilki kapasitas maksimum untuk oksigen  dan setelah habis sel sel mengandalkan cadangan kecil dari asam laktat oksigen dan melepaskan, yang menyebabkan nyeri otot dan dan kelelahan.
Karena kaki dan tangan yang terjauh untuk menerima oksigen, olahraga berlebihan dengan  cepat menghabiskan jumlah oksigen yang di butuhkan oleh tangan dan kaki. Hal ini menyebabkan kesemutan dan mati rasa.

2.      Kurang elektrolit
Elektrolit penting untuk menjalankan fungsi otot dan saraf. Elektrolit mengatur hidrasi tubuh, Ph darah dan tekanan darah sambil membantu untuk membangun kembali jaringan yang rusak. Kurang elektrolit atau kurang minum dapat membuat kesemutan dan mati rasa di tangan dan kaki.

3.      Sirkulasi darah tidak lancar
Sirkulasi darah yang buruk atau kekurangan suplai darah ke tangan atau kaki, bisa menyebabkan mati rasa dan kesemutan. Kondisi ini biasanya terjadi ketika Anda melakukan olahraga otot yang berat atau saat udara sangat dingin.

4.      Penyakit tertentu
Kondisi medis tertentu menyebabkan kesemutan di tangan dan kaki ketika anda ber olahraga, seperti diabetes, Raynaud (penyakit Yang jarang terjadi dan menyebabkan kulit menjadi pucat atau timbul bercak atau timbul bercak berwarna merah samapi biru ) . Multiple Sclerosis ( penyakit Automium ) atau cedera saraf.

2 comments:

  1. Kalau aku baru duduk bersila sebenar aja udah kesemutan kakiku.... (soalnya gendut)

    ReplyDelete
  2. usahakan berat badan dan tinggi badan seimbang agar jauh dari sakit dan penyakit

    ReplyDelete

Silahkan anda komentar degan baik dan bijak