Monday, July 4, 2011

Rempah 'Pedas' Menyehatkan


Mengonsumsi makanan pedas bisa meningkatkan proses metabolisme dan membantu kerja jantung.

Pipiet Tri Noorastuti
cabai terpedas di dunia (telegraph)
Terlepas dari nikmat dan sifatnya yang menagih, makanan pedas memiliki manfaat bagi kesehatan. Tak hanya cabai, rasa pedas itu umumnya juga tersaji di mulut lewat sentuhan rempah lain seperti jahe. Selain dua rempah itu, masih ada sejumlah rempah 'hangat' yang juga memiliki efek positif bagi tubuh. 


Berikut sejumlah rempah 'pedas' dan 'hangat', yang bermanfaat bagi kesehatan, seperti dikutip dari Times of India: 

Cabai Memiliki efek positif untuk mengobati gangguan persendian. Sebuah penelitian mengungkap bahwa kandungan capsaicin dalam cabai memiliki sifat antiperadangan yang dapat membantu pembengkakan dan nyeri sendi.
Asal tidak berlebihan, mengonsumsi makanan pedas bisa meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh dan membantu kerja jantung, bahkan mengurangi risiko kanker.

JaheMengandung antioksidan yang membantu melindungi tubuh dari berbagai gangguan penyakit. Kehangatan rempah ini juga memberi efek menenangkan untuk mengatasi gangguan perut dan sistem pencernaan. Jahe juga baik untuk mengatasi mual yang berkaitan dengan gangguan kehamilan, atau mabuk perjalanan.

Kayu manis Memberikan perlindungan tubuh terhadap ancaman diabetes tipe 2 dan serangan jantung. Sebuah studi menemukan bahwa setengah sendok teh kayu manis dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah, kolesterol, dan trigliserid.

Bawang putihBerperan meningkatkan kualitas kesehatan. Konsumsi secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserid sekitar 10 persen.

Minyak cengkehCukup populer untuk perawatan akibat gangguan gigi, sekaligus sebagai antiseptik yang mampu menyegarkan pernapasan. Kandungan utama minyak ini, yaitu eugenol, memiliki sifat antiperadangan dan dapat membantu mengatasi kekakuan dan gangguan sendi. Sifatnya yang hangat juga efektif mengurangi gangguan lambung dan pencernaan.

No comments:

Post a Comment

Silahkan anda komentar degan baik dan bijak